Cara Setting Voip ( IP Phone ) di Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum wr.  wb.
Hai kawan-kawan disini saya mau sedikit berbagi ilmu tentang "Cara Setting Voip ( IP Phone ) di Cisco Packet Tracer"
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIPIP TelephonyInternet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
DefinisiVoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Inilah langkah-langkah Cara Setting Voip IP phone di Cisco Packet Tracer.
  1. Bukalah software cisco packet tracker.

  2. Kemudian buatlah sebuah router 2811( menggunakan router jenis ini, karena router ini yang menyediakan fungsi IP phone).
  3. Buatlah switch dengan menggunakan switch 2960 dan buatlah IP Phone menggunakan 3 IP phone.

  4. Selanjutnya sambungkan router ke switch menggunakan kabel straight-trough,dan switch ke IP phone menggunakan kabel straight-trough juga.

  5. Lalu klik IP phone dan klik physical,kemudian tarik power adapter ke portnya dan colokkan.

Oke, selanjutnya kita konfigurasi switchport.Langkah - langkahnya :
  1. Klik pada gambar switch,lalu klik ke CLI. Kita akan mulai konfigurasi di CLI (pada tab CLI ketikkan "en" lalu klik enter. Kemudian perintah "config terminal" enter. Kita sudah mulai masuk konfigurasi.

  2. Masukkan perintah "int range fa0/1-24(memberikan semua port switch[port 1-24]kepada switch port voice). Lalu ketikkan "switch voice vlan 1" (untuk membuat vlan id). Setelah semuanya selesai kita keluar dari config terminal caranya menuliskan perintah "exit".


Konfigurasi switchport sudah selesai, selanjutnya kita konfigurasi router. Langkah - langkah konfigurasi router :
  1. Kita klik gambar router,lalu masuk ke CLI. Memulai konfigurasi router dengan ketik "en" kemudian "config terminal".
  2. Lalu ketikkan "Ip dhcp pool voice", selanjutnya ketikkan "network 192.168.1.1 255.255.255.0" lanjut ketikkan "default-router 192.168.1.1" ketikkan lagi "option 150 ip 192.168.1.1" lanjut "exit".
  3. Sekarang kita akan konfigurasi interface pada router,caranya ketik : "int fastethernet 0/0" lalu "Ip add 192.168.1.1 255.255.255.0" lanjut "no sh" lalu "exit". Selanjutnya "telephony-service" lalu "max-ephones 3" lanjut "max-dn 3".
  4. Kemudian kita tentukan sumberip pada ip phone, caranya yaitu dengan mengetikkan “ip source-address 192.168.1.1 port 2000” selanjutnya ketik "auto assign 4 to 6" lalu "auto assign 1 to 3" lanjut "ephone-dn " dilanjutkan lagi "ephone-dn 1" selanjutnya kita kasih nomor telepon ,saya kasih nomor pada ip phone 1 "number 111".
  5. Ketikkan "ephone-dn 2" dan kali ini saya akan memberikan nomor pada IP phone 2 ketik "number 222" dan selanjutnya "ephone-dn 3" dengan nomor ip phone "number 333".
  6. Sekarang kita akan mengetest koneksi dengan dial number (caranya klik IP phone dan klik physical) lalu ketikkan nomor teleponnya.


Oke kawan-kawan terimakasih atas kunjungannya ya,maaf apabila bahasa yang saya gunakan masih acak-acakan dan tidak sopan 😊
Wassalamu'alaikum wr.  wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI CONTROL PANEL HOSTING EHCP PADA DEBIAN 8.5 DENGAN VIRTUALBOX

VoIP di Cisco Packet Tracer dengan 5 IP PHONE